Monday, November 29, 2010

Pemrograman C/C++ [1] : Dasar- dasar Bahasa Pemrograman C++






C++ merupakan bahasa pemrograman dengan dialek yang berbeda banyak, seperti halnya bahasa manusia ( Bahasa Inggris dialek Amerika atau Inggris ) sangat berbeda. Dalam C++, dialek tidak disebabkan oleh perbedaan wilayah pemakai bahasa tertentu, seperti halnya bahasa Inggris, tetapi perbedaan compiler. Ada empat compiler yang paling banyak digunakan : Borland C++, Microsoft Visual C++, Watcom C/386 dan DJGPP.

Setiap compiler dari empat compiler yang terkenal didunia ini masing-masing berbeda antara satu dengan lainnya, compiler satu mendukung fungsi standard C++ ANSI/ ISO, tetapi yang lainnya tidak. Perbedaan ini kadang menimbulkan masalah jika kita akan meng-compile source code C++ yang dibuat programmer lainnya pada compiler yang berbeda.
C++ merupakan bahasa pemrograman yang berbeda dengan bahasa pemrograman yang lainnya. Untuk compiler C++ yang dijalankan pada sistem operasi DOS, mempunyai keywords ( kata kunci ) yang lebih kecil, keywords sendiri dapat mengurangi fungsi input atau output. Hampir semua fungsi yang berguna dalam file library yang dapat diakses dengan memasukannya sebagai file header ( *.h)
Latihan1
  1. #include
  2. int main()
  3. {
  4. cout<<"Selmat datang di pemrograman c/c++";
  5. return 0;
  6. }

Perhatikan listing program pada latihan1. #include adalah preprocessor yang memberitahukan kepada compiler untuk mengambil code dari file header iostream.h ke dalam program. Dengan memasukan file header, anda mengakses untuk fungsi yang berbeda. Contoh, fungsi cout akan dapat dijalankan jika kitamemasukan file header iostream.h.
Baris yang tidak kalah pentingnya dalam program adlah int main ( ). Baris ini memberitahukan ke compiler bahwa fungsi bernama main yang memiliki nilai balik. Listing program yang akan di-compile berda pada blok yang menggunakan tanda {………}, kalau di Pascal menggunakan begin dan end. Baris selanjutnya didalam listing program latihan1 terlihat kokoh. Jika kamu pernah belajar bahasa pemrograman yang lainnya, akan menemukan perbedaan jika print atau fprintf atau write digantikan cout<<, yang dikenal sebagai simbol operator masukan.
Komentar sangat dibutuhkan dalam pembuatan program, ini akan mempermudah orang lain untu memahami maksud dari programmer. Dalam bahasa C atau C++ komentar tidak akan ikut di eksekusi atau di compile jika diberi tanda // atau /*………………..*/ .
Untuk membuat program yang dapat dinputkan sesuatu kedalam listing program, contoh kalau di pascal menggunakan read atau readln, atau kalau di C menggunakan scanf, maka di dalam bahasa C++ menggunakan fung cin yang diikuti operator masukan >>. Untuk meanmpung statement input ini dibutuhkan penampung yang dikenal sebagai variabel. Jika anda menggunakan variabel maka anda harus memutuskan type datanya seperti ap. Dalam C++ ada beberapa tipe data antara lain char, int, dan float.
Dibawah ini contoh deklarasi variabel lengkap dengan tipe data dan cara penulisannya di dalambahasa pemrograman C++
int x;

int a, b, c, d;
char letter;
float the_float;





Jika anda mempunyai banyak variabel dengan tipe data sama, anda tidak boleh memberi nama yang sama, atau anda tidak boleh mempunyai variabel-variabel dan fungsi-fingsi dengan nama yang sama.




}




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.