Monday, April 25, 2011

UML : Class Diagram




Seperti yang sudah kami paparkan pada bahan ajar dengan judul Unified Modeling Language, salah satu dari diagram UML yang digunakan untuk, perancangan sistem berbasis iterasi adalah Class Diagram. Dalam penjelasan teori tentang PBO, class diagram paling banyak digunakan, selain itu class diagram menjadi bagian dari static view pada perancangan sistem dengan memanfaatkan konsep forward or reserve.

Pada perancangan sistem yang menggunakan Class Diagram, mempunyai komponen-komponen yang berupa class dan interface beserta atributnya, operasi dari sistem, relasi dan constraint yang menghubungkan antar obyek. Selain itu class diagram memilki 3 unsur yaitu nama, atribut dan metoda. Atribut dan metoda memilik salah sifat public, private atau protected.

Private berarti sebuah class tidak dapat digunakan/ dipanggil dari luar class yang bersangkutan, sifat ini berlawanan dengan sifat public, dimana sebuah class dapat dipanggil oleh siapa saja. sedangkan protected berarti private dan hanya dapat dipanggil oleh kelas yang mewarisinya.
Atribut sebuah class memiliki bentuk umum penulisan visibility name : type multiplicity = default{property-string}
Contoh + nama: String [10] = "Untitled" {readOnly}, memilki arti bahwa atribut tersebut public karena, + berarti public, - berarti private, # berarti protected, “Untitled” adalah nilai yang diberikan secara default jika tidak ditentukan saat objek dibuat, {readOnly} adalah properti tambahan dari atribut, dimana disini berarti tidak bisa dimodifikasi. Multiplicity memilki kemiripan relasi one to one dalam Entity Relathionship Digram yang menjelaskan berapa banyak obyek yang mengisi poperti ( 0,1 atau ...n)
Sedangkan metoda atau operasi memliki bentuk umum visibility name (parameter-list) : return-type {property-string}, dengan parameter pada parameter-list dinotasikan seperti pada atribut yaitu direction name: type = default value dan Direction bisa berupa: in, out, atau in-out.

Class yang dibuat berdasarkan analisa sistem memiliki hubungan dengan class yang lainnnya dalam sebuah class diagram, relasi atau hubungan itu antara lain Asosiasi(hubungan statis antar class), Agregasi(hubungan yang menyatakan bagian dari), Pewarisan(hubungan hirarkies antar class), Hubungan dinamis(rangkaian pesan yang dikrimkan antar class).
Referensi :
  1. http://herowintolo.blogspot.com/2011/04/unified-modeling-language-uml.html
  2. Sri Dharwiyanti , Romi Satria Wahono, Pengantar UML, Ilmukomputer.com

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.