Wednesday, September 7, 2011

Jaringan Komputer [1] : Dasar-dasar Komunikasi dan Bagaimana Jaringan Komputer Dapat Mengubah hidup Kita

Komputer sebagai alat bantu bagi manusia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan mengalami perkembangan dalam hal perangkat keras ataupun perangkat lunaknya. Perkembangan ini juga disebabkan penggunaan jaringan komputer yang menghubungkan antara satu komputer ke komputer yang lainnya. Akibatnya kehidupan masnusia yang menggunakan komputer dan jaringannya merasakan dampak perubahan dalam hidupnya. Perubahan pola hidup yang dilakukan manusia sebelumnya dengan menggunakan cara-cara manual kini telah berubah menjadi cara yang lebih otomatis atau yang dikenal dengan cara digital, misal dahulu orang bertukar informasi pribadi menggunakan surat atau telegram, sekarang dengan adanya jaringan email orang dapat bertukar informasi dengan kecepatan yang lebih tinggi dan muatan informasi yang lebih baik karena penggunaan gambar, audio dan video. Selain itu kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi telah menghasilkan peralatan komunikasi yang dapat dibawa kemana-mana dan berbagi informasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah sehingga lalu lintas jalan atau pergerakan manusia dari satu titik ke titik yang lainnya dapat dihindari.
Dampak yang lain, kemudahan orang dalam belajar dan mendapatkan pengetahuan lebih terbuka dan sangat maju. Dahulu seseorang yang akan belajar untuk menguasai sebuah pengetahuan harus bersekolah atau pergi membeli buku atau membaca buku diperpustakaan, dengan adanya jaringan komputer dalam bentuk internet maka hal itu tidkak mutlak dilakukan, karena dengan mengakses beberapa sumber daya di internet yang menyajikan pembelajaran (E-Learning).   
Jaringan komputer juga telah mengubah pola dan cara kerja manusia yang dahulu kebutuhan untuk saling bertemu dan berinteraksi serta bertransaksi, kini dengan jarak yang jauh interaksi dan transaksi dapat dilakukan, itulah dampak adanya jaringan komputer. Selain itu kehidupan dalam bentuk hiburan dan permainan dapat dilakukan dan bisa melibat lebih banyak orang tanpa harus bertemu secara fisik, juga menjadi dampak positif dari perkembangan komputer dan jaringan komputer.
Dengan menggunakan perangkat lunak yang didapat secara gratis dalam jaringan internet misal instant messaging dan masih banyak yang lainnya, interaksi manusia telah memicu revolusi dalam jaringan komputer dan penjualan peralatan pendukungnya.
Pada prinsipnya komunikasi data yang terjadi dalam jaringan komputer mirip dengan komunikasi verbal antar manusia. Jika manusia yang akan saling berkomunikasi membutuhkan bahasa, mulut dan telinga, lokasi, serta udara sebagai media transmisinya, maka dalam jaringan komputer, komputer yang akan berkomunikasi dengan komputer yang lainnya harus memiliki bahasa (contoh html), mulut dan telinga (peralatan jaringan komputer : lan adapter, switch dan router), lokasi dalam bentuk IP address, serta media transmisi dalam bentuk kabel atau non kabel (wireless).
Ada 4 element dalam jaringan komputer yang wajib dipenuhi : rule, medium, messages, device. Rule merupakan aturan aturan yang telah disepakati sebagai bentuk standar terjadinya komunikasi yang terkandung dalam messages. Contoh rule disini OSI dan TCP/IP. Medium merupakan peralatan jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan secara fisik antar komputer yang terhubung dalam jaringan komputer. Sedangkan device merupakan peralatan end user yang harus ada baik di dalam komputer ataupun di dalam jaringan komputer.  
Selain itu, jaringan komputer memiliki arsitektur untuk menjamin terjadinya komunikasi antar komputer. Arsitektur tersebut ada 4 yaitu :

  1. Fault tolerance, adalah salah satu yang membatasi dampak dari kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak dan kembali normal cepat.
  2. Quality of Service, transmisi suara dan video yang memerlukan tingkat kualitas yang konsisten agar pengiriman terganggu
  3. Security, rahasia dan pertukaran informasi bisnis penting melebihi apa arsitektur saat ini dapat memberikan.
  4. Scalability, memiliki cakupan yang luas untuk mendukung pengguna baru dan aplikasi tanpa mempengaruhi kinerja pelayanan yang diberikan kepada pengguna yang ada

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.