Tuesday, December 13, 2011

Jaringan Komputer [8] : Lapisan Fisik

Lapisan fisik dalam  model refensi OSI dan TCP/IP berada pada lapisan terakhir. Lapisan ini bertugas melakukan proses pengkodean segmen data dari lapisan sebelumnya, lapisan data link,  pengkodean ini akan berbeda-beda karena tergantung media transmisi yang digunakan. Dalam melakukan pengkodean ini ada standar resmi yang harus digunakan antara lain Non Return Zero (NZR) atau Manchester Encoding. Dengan sistem pengkodean yang digunakan, sinyal yang akan melewati media transmisi akan terpengaruh oleh noise dan bandwidth yang akan mengakibatkan throughput, waktu aktual saat pengirman paket/data dalam bentuk bit dan selalu lebih rendah dari bandwidth, dan goodput, merupakan ukuran bit data yang dikirmkan tanpa overhead. Penjelasan tentang bandwidth dapat anda baca pada artikel ini.  
Pada lapisan fisik ini, paket data yang telah dikodekan akan melewati media transmisi yang dapat berupa kabel kawat tembaga, kabel serat optik atau gelombang radio (wireless). Kabel kawat tembaga terbagi menjadi kabel coaxial dan kabel UTP. Kabel coaxial, yang terdiri dari inti dan pembungkus ini serta konektor BNC,  baik untuk sinyal frekuensi tinggi radio / video yang digunakan untuk antena / antena dan koneksi kabel TV dan internet, sekarang sering dikombinasikan dengan serat optik. Sebelumnya digunakan dalam Ethernet LAN karena lebih murah dibandingkan dengan kabel UTP dan memberikan kecepatan yang lebih tinggi. 
Kabel Unshielded twisted pair (UTP),  kabel yang berisi 8 buah / 4 pasang dengan konektor RJ45, yang terdiri dari kabel berwarna hijau muda, hijau muda strip putih, orange, orange strip putih, biru, biru strip putih, coklat dan coklat strip putih. Untuk kecepatan 100 Mb/detik menggunakan kabel kategori (cat) 5 sedang kecepatan 1 Gb/detik menggunakan kategori yang lebih tinggi.  Pada peralatan cisco, jenis sambungan dengan menggunakan media transmisi ini terbagi menjadi tiga, yang pertama kabel straight, digunakan untuk menghubungkan PC ke switch atau hub, router ke switch atau hub. Sedangkan yang kedua merupakan kabel jenis cross over yang digunakan untuk menghubungkan sesama peralatan yang sama atau sejenis, dan PC ke router. Kabel yang ketiga adalah kabel roll over yang digunakan untuk melakukan proses konsol router menggunakan sebuah PC. 
Media transmisi yang lainnya yaitu kabel serat optik dan gelombang radio akan dibahas pada artikel selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.